Jumat, 16 April 2010

Software Banner Point 1

Software Banner Point berbasis web (on-line) dengan menggunakan teknologi terkini, dengan nama iSHARC = Sistem terpadu untuk administrasi perdagangan ritel berskala raksasa yang berfungsi untuk alat bantu manajemen ritel (finansial, pembelian, inventori, penjualan, pelaporan, dsb.). Sistem ini sangat cerdas sehingga dapat meminimalisasi ketergantungan SDM dan mempercepat proses transaksi ritel.

Software Banner Point ada empat macam akses :

1. Reguler (untuk semua distributor Tianshi yang sudah terdaftar),
2. DP Account (untuk para Distribution Point),
3. DC Account (untuk para Distributor Center),
4. Admin Account (diakses oleh manajemen).

Reguler

Sistem reguler Banner Point dapat diakses secara online oleh semua distributor. User ID yang digunakan adalah ID Tianshi yang bersangkutan, dengan terlebih dahulu diaktifkan di Distribution Point terdekat dengan melakukan pembelanjaan minimal Rp100.000,-. Pendaftaran dikenakan biaya Rp5000,- (ini sebagai pengganti jasa dan ‘biaya pulsa’ dari DP bersangkutan). PIN didapatkan pada saat aktivasi berupa 6 digit angka, yang dapat diganti sewaktu-waktu oleh user bersangkutan. Alternatif lain dengan mengakses sistem ini lewat Facebook account (sistem reguler Banner Point akan diintegrasikan dalam bentuk Facebook Application).

Informasi yang dapat diakses oleh user:

* Daftar barang berikut harga terkini
* Rekaman detil dan rekapitulasi transaksi Banner Point sebelumnya (history)
* Rekapitulasi transaksi jaringan (karena data jaringan baru tersedia 2-3 minggu setelah tutup buku, data transaksi jaringan ini tidak mencakup transaksi dari member baru)

DP Account

Khusus untuk para Distribution Point memiliki ID dan antarmuka khusus untuk mengakses sistem ini, dengan kapabilitas:

* Mendaftarkan user baru
* Melakukan pemesanan barang (purchase order)
* Membukukan penjualan (sales invoicing)
* Mengecek status inventori (berdasarkan pemesanan dan penjualan)
* Melihat rekaman pemesanan dan penjualan dalam bentuk rekapitulasi dan rincian detil.
* Mengkonfirmasi penambahan kredit
* Mengirimkan permintaan pencairan kredit

Untuk akses reguler, account para DP diaktifkan secara otomatis dengan mengikuti link yang akan dikirimkan ke email bersangkutan.

Sistem Keamanan

Pada akses reguler, sistem keamanan menggunakan kombinasi ID dan PIN. Kesalahan memasukkan PIN hingga 3x memerlukan PIN-Reset yang dapat dilakukan di DP terdekat. Keamanan di sistem reguler tidak terlalu krusial karena tidak melibatkan transaksi riil, hanya sebagai media informasi dan komunikasi.

Sistem untuk DP dan DC, yang melibatkan transaksi riil, dirancang dengan tingkat pengamanan berlapis. Selain kombinasi Client ID (nomor pengenal DP/DC) dan PIN sepanjang 8 digit, digunakan “kunci pengaman ganda” berupa encrypted hash key yang senantiasa berubah dengan algoritma enkripsi berstandar internasional (kombinasi SHA-256,RIPEMD-320,dsb.) Cara pengamanan ini mirip dengan cara pengamanan internet banking menggunakan piranti token module, bedanya di sistem BannerPOINT piranti ini berbentuk software khusus yang bersifat unik untuk setiap client (DP/DC) dengan total data chain sepanjang 8 Mb (setara dengan 8 juta digit!).

Sistem keamanan untuk manajemen menggunakan pengamanan maksimal… yaitu dengan menutup semua akses eksternal (akses hanya dapat dilakukan dari terminal yang terhubung secara fisik dengan server).

Sebagai catatan, di awal implementasi kita masih menyewa server dari pihak ketiga. Paling lambat di bulan Oktober 2009 kita akan menggunakan server sendiri yang terhubung langsung dengan internet backbone.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons