Selasa, 28 Desember 2010

CLOUD COMPUTING VERSUS HD EKSTERNAL

Iskaruji dot com | CLOUD COMPUTING VERSUS HD EKSTERNAL

Kebutuhan akan media penyimpanan bagi pengguna desktop sekarang ini sudah menjadi isu utama saat memutuskan untuk membeli sebuah produk digital semacam komputer. Besarnya media penyimpanan atau harddisk pada sebuah komputer akan menjadi pertimbangan untuk menentukan harga dari produk tersebut. Kebutuhan akan media penyimpanan yang besar ini bisa diperuntukkan untuk penyimpanan utama pada desktop, semacam ruang utama tempat berjalannya system, atau hanya sekedar media penyimpanan yang hanya difungsikan sebagai backup semacam HD Eksternal.

Untuk HD Eksternal sendiri, akhir-akhir ini ada anggapan akan tergusur oleh kemajuan teknologi internet yang lebih dikenal dengan istilah "Cloud Computing". Jika suatu saat nanti trens cloud computing benar-benar booming, tentunya HD Ekternal kurang digemari lagi. Benarkah akan terjadi demikian?

Sebuah contoh cloud computing yang cukup populer adalah layanan situs jejaring sosial seperti facebook. Jika kita menginginkan media penyimpanan online untuk file image dan video, sepertinya tidak ada ruang yang kurang untuk facebook. Setiap pengguna bisa memiliki ber-album-album foto dan video serta note documents. Harddisk yang simple dengan size "badak" dan tidak berwujud. Cukup efektifkah? bagaimana dengan privacy, keamanan dan kemudahannya saat kita ingin menggunakan file tersebut?

Jika memang ada anggapan bahwa backup system cloud computing akan menggantikan HD Eksternal tentunya tidak beralasan. Keduanya memiliki fleksibelitas fungsi dan manfaat yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari siapa yang menggunakannya.

Akhirnya, mari kita dukung internet sehat dengan menggunakan teknologi sesuai dengan manfaat dan fungsinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons