Selasa, 05 Juli 2011

Sumber Traffik Dari Sebuah Kontes SEO

Beberapa hari yang lalu saya me-review sebuah situs Pembayaran Online Indonesia iPayMu.com. Review ini juga sekaligus sebagai bentuk partisipasi Iskaruji dot com dalam kontes SEO yang diadakan oleh situs tersebut. Tapi yang namanya baru pertama kali ikut kontes yang demikian tentunya kita "buta" dalam hal optimasi SEO-nya sesuai dengan keinginan target keyword yang diinginkan yaitu "iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia".

Dimana-mana yang namanya kontes atau lomba seharusnya memang ada bentuk kompetisi disana. Apalagi memang ada sebagian sahabat blogger yang justru menjadikan sebuah kontes SEO sebagai salah bentuk "Online Earning" layaknya Job Review. Dan saya banyak belajar dari blog-blog berpengalaman dalam optimasi kontes SEO semacam ini. Setelah melihat perbandingan review sobat lainnya dan dibandingkan dengan yang saya lakukan, didapat suatu perbedaan yaitu pada permanent link dan penekanan keyword yang tepat. Dan saya agak kurang memperhatikan itu dengan baik. Tulisanpun mengalir begitu saja layaknya tulisan diatas brosur. Alhasil, review saya berada pada posisi "antah berantah". Lalu gagalkah saya?

Tidak ada suatu kegagalan dari suatu hal yang bermanfaat. Mereview sebuah situs seharusnya adalah hal yang lumrah kita lakukan dalam aktifitas blogging. Salah satu cara untuk mempererat tali persahabatan antar blog, juga sebagai sumber traffik. Lihat beberapa review saya seperti Tips Wisata Murah, DeeahZone, Musik Cadas Bagollum, Didi Games, Pog Games dan banyak lagi termasuk blognya Nazaruddin. Apalagi me-review sebuah situs iPayMu.com yang digadang-gadang bisa menggantikan kebiasaan kita menggunakan PayPal ataupun AlertPay untuk pembayaran online.

Dan benar saja, menang adalah sebuah harapan yang gak boleh putus. Tapi suatu hal yang sudah kita dapatkan adalah ilmu blogging khususnya optimasi konten dan tentunya traffik. Lihat beberapa screenshoot yang saya ambil hari ini:

Entah, saya tidak punya alasan search engine bisa "bikin nyasar" pengunjung dengan keyword "iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia" yang sudah dipastikan pengunjungnya adalah peserta ataupun calon peserta kontes SEO iPayMu.com tersebut. Padahal setelah saya cek di google posisi Iskaruji dot com terlindas pada halam 4...hiksss.

So, bagi kamu yang sama seperti saya sesungguhnya tidak ada alasan untuk gak pede, ngeri, takut kalah, atau apalah namanya yang bikin kamu semakin "bodoh" karena merasa gak pantas mengikuti sebuah kontes SEO. Tapi tetap harus selektif. Jangan memaksakan diri me-review sesuatu diluar tema blog ataupun diluar kemampuan untuk memahami.

Demikianlah, Keep on learning and happy blogging!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons