Selasa, 05 April 2011

Menghindari Tipuan Jenis Icha alias Fransiska Anastasya Oktaviany alias Rahmat Sulistyo di Facebook

Icha alias Fransiska Anastasya Oktaviany alias Rahmat Sulistyo

Kasus terjadinya pernikahan sejenis Muhammad Umar dengan istrinya Icha alias Fransiska Anastasya Oktaviany, yang kemudian diketahui sebagai Rahmat Sulistyo cukup membuat kita geleng-geleng kepala. Ini merupakan kejadian pertama yang pernah ada. Ada orang tertipu dengan identitas asli pasangannya selama hampir setengah tahun pernikahan. Ngapain aja mas, mau maen pedang-pedangan?
Menghindari Tipuan Jenis Icha alias Fransiska Anastasya Oktaviany alias Rahmat Sulistyo di Facebook

Mungkin ini bisa dikatakan sebagai dampak buruk teknologi. Disatu sisi teknologi semakin maju, dan sisi lainnya nalar otak manusia sebagai pengguna teknologi tersebut tidak sepadan. Kebebasan informasi yang ada di facebook dimakan mentah-mentah oleh penggunanya tanpa menggunakan nalar. Padahal jelas-jelas, anjingpun bisa punya akun facebook. Baca artikel saya tentang Beast, si anjing Mark dan Priscilla.

Untuk menghindari tipuan Jenis Icha alias Fransiska Anastasya Oktaviany alias Rahmat Sulistyo di Facebook, maka kita harus bijak dalam menggunakan facebook itu sendiri, dengan cara:
  • Jangan pernah meng-add teman yang foto profilnya gak jelas. Itu sudah membuktikan, sudah terjadi tipuan pertama dengan menyembunyikan identitas mukanya. Pengecualian jika kamu memang sudah kenal dengan yang bersangkutan.
  • Jangan meng-add teman yang wall-nya tidak ada interaksi sosial. Yaitu tidak adanya percakapan dengan teman lainnya. baik melalui komentar ataupun wall post.
  • Selektif dalam menampilkan informasi pribadi kepada setiap teman kita di facebook. Atur, siapa saja yang berhak melihat info pribadi kita.
  • Ingatlah, facebook hanyalah jembatan kita untuk berinteraksi sosial. Pertemuan adalah tujuan sebenarnya. Apa yang ditampilkan dan dirasakan di facebook tidak lebih dari 50% kebenarannya. Mau 100%? coba kopi darat..
Jika saat pertemuan ataupun kopi darat kamu masih juga ketipu dengan Jenis Icha alias Fransiska Anastasya Oktaviany alias Rahmat Sulistyo, berarti kamu memang "Muhammad Umar" yang lagi kena virus cinta melek. Seandainya ia buta, mungkin Umar gak bisa melihat kecantikan palsu Icha...menzizikkan!

Akhirnya, jangan salahkan teknologi karena anda memang tidak bijak menggunakannya...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons