Selasa, 26 April 2011

Sitemap | Mengenal dan Menambahkan Sitemap Blog di Blogspot Kedalam Webmaster Tools

Post kali ini khusus untuk menjawab pertanyaan dari salah satu sobat blogger yang bertanya tentang sitemap. Jika kita lihat dari pengertian kata, maka sitemap bisa diartikan peta situs. Didalam wikipedia sendiri kita bisa menemukan arti yang lebih mendalam;

A site map (or sitemap) is a list of pages of a web site accessible to crawlers or users. It can be either a document in any form used as a planning tool for web design, or a web page that lists the pages on a web site, typically organized in hierarchical fashion. This helps visitors and search engine bots find pages on the site.
Dari pengertian diatas, kita bisa menjelaskan bahwa sitemap adalah daftar halaman [daftar isi] sebuah website, dalam hal ini adalah blog kita, yang bisa diakses oleh mesin pencarian ataupun oleh pengunjung blog kita. Bentuk nyata sebuah Sitemap pada blog Iskaruji dot com adalah seperti yang ditunjukkan oleh arsip blog pada sidebar blog ini. Fungsi utama dari sitemap pada blog adalah untuk memudahkan search engine meng-crawls atau meng-index konten atau artikel blog kita dan juga memudahkan para pengunjung untuk melihat artikel lainnya di blog kita.

Format Sitemap untuk Blog pada Blogspot
Untuk menambahkan sitemap blog kita, khusus blog yang hosting di blogspot kedalam Webmaster Tools cukup dengan menggunakan alamat feed default blog kamu dengan format:
http://nama-blog-kamu.blogspot.com/feeds/posts/default
Jika terjadi error atau tidak terdeteksi saat menggunakan alamat feed default [biasanya dikarenakan alamat feed telah dialihkan ke layanan feed pihak ketiga seperti feedburner], maka ada alternatif lain dengan menggunakan format sitemap sebagai berikut [Pilih salah satu]:
  • http://nama-blog-kamu.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100
  • http://nama-blog-kamu.blogspot.com/rss.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100
ScreenShoot Penambahan Sitemap Blog Kedalam Webmaster Tools
Gambar Penambahan Sitemap Feed Pada Yahoo Webmaster Tools
Gambar Penambahan Sitemap Pada Bing Webmaster Tools
Gambar Penambahan Sitemap Pada Google Webmaster Tools
Update!!!
Sitemap blogspot-pun bisa dalam format .xml dengan format:
http://Nama_Blog_Kamu.com/rss.xml
http://Nama_Blog_Kamu.com/atom.xml
Update ini merujuk kepada postingan tentang menambahkan sitemap pada ask.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons