Sabtu, 19 Februari 2011

FILE PROGRAM TERHAPUS SECARA TIBA-TIBA

FILE PROGRAM TERHAPUS SECARA TIBA-TIBA

Ada-ada saja, pagi tadi saya mendapat telepon dari seorang temen yang "nun jauh disana" tentang kejadian unik yang terjadi dengan laptop kesayangannya semalam. Dari ceritanya, bahwa dia meninggalkan laptopnya tidak lebih dari 2 menitan di meja sebuah kafe untuk mencuci tangan di westafel. Jarak westafel-pun paling sekitar 10 meter dari meja tersebut. Namun alangkah kagetnya saat dia kembali ke meja dan ingin mengoperasikan komputernya kembali, laptop sudah dalam posisi proses shutting down. Dan ketika dihidupkan kembali, booting meminta untuk "start window normally". Setelah komputer hidup, terlihat popup windows "error reporting service" dan tidak ada program sama sekali di window xp-nya. Dengan kata lain, yang hilang cuma program yang ada di dalam folder program files.

Hingga saat post ini ditulis, saya belum bisa memastikan penyebab kejadian ini. Saya kurang tahu jika ada virus yang bisa melakukan aksi mengerikan semacam itu. Apalagi menurut teman tersebut, proteksi untuk virus pada laptopnya selalu update dan tidak dalam kondisi online. Lalu apa penyebabnya?

Asumsi paling dominan di otak saya hanya karena kejahilan orang. Jadi teringat saat masih jadi "tukang jahil" saat windows 98 masih nge-trend. Hal yang mungkin bisa dilakukan hanya dalam waktu sekian menit adalah dengan mengetikkan "ERASE C:\PROGRAM FILES" [Tanpa tanda kutip] pada jendela CMD [Command Prompt] dan tekan Enter. Orang sambil lewat depan komputer kita-pun sepertinya bisa melakukan aksi begitu. Tapi inikan windows XP? apa mungkin masih bisa dilakukan dengan cara demikian?

Please dong temen-temen, kasih pendapat, atau ada yang mau praktekkin cara diatas pada XP-nya...hehe. Trus terang gue gak berani melakukannya...

Demikian and moga jadi nilai edukasi tuk kita semua...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons