Rabu, 16 Maret 2011

Profil Bradley Manning Sang Whistleblower | Dedikasi Untuk Kemanusiaan dan Wikileaks

Bradley Manning | Whistleblower

Pratu Bradley Manning sangat terlihat patriotik dengan seragam militer Amerika dari kesatuan 2nd Brigade Combat Team. Namun siapa sangka jika si doi sekarang lagi mendekam di penjara Korps Marinir di Quantico, Virginia, sejak bulan Juli 2010 lalu. Dalam pemahaman kesatuaannya, apa yang dilakukan oleh Bradley Manning adalah sebuah penghianatan bangsa. Dia telah membocorkan rahasia negara dengan mengekspos informasi rahasia negara kepada umum. Dia juga dituduh memberikan data-data yang sangat sensitif kepada seseorang yang tidak berkepentingan [Wikileaks], hal yang melanggar Espionage Act (undang-undang spionase). Total ada 22 poin tuduhan untuk Manning dengan ancaman hukuman mati.

Profil Bradley Manning

Nama : Bradley E. Manning
Tempat Tanggal Lahir : Crescent, Oklahoma, 17 Desember 1987
Nama Ayah : Brian Manning {Amerika]
Nama Ibu : Susan Fox [Inggris]
Kewarganegaraan: Amerika
Pekerjaan : United States Army Soldier
Kesatuan : 2nd Brigade Combat Team, 10th Mountain Division
Mulai Tugas: Oktober 2009
Barak Tugas: Forward Operating Base Hammer, Iraq
Kewenangan Tugas : Hak akses atas SIPRNet [Secret Internet Protocol Router Network]. Semacam jaringan komputer pemerintah Amerika yang digunakan untuk mengolah informasi rahasia.
Kesalahan : Mempublikasikan dan memberikan data yang ada di SIPRNet ke Wikileaks

Kedok Bradley Manning ketahuan karena laporan seorang hacker komputer, Adrian Lamo, yang melaporkannya ke FBI berdasarkan rekapan chatting Manning dengannya medio Mei 2010.

Video di bawah ini adalah salah satu rahasia negara yang di bocorkan oleh Wikileaks, yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh umum. Video diambil dari Helikopter Apache yang menembaki orang sipil pada perang Iraq, lengkap dengan rekaman percakapan pilot dengan base camp.



Sayangnya , kesan Bradley manning sebagai penghianat negara lebih dominan di mata publik ketimbang sisi kemanusiaanya membongkar kejahatan perang. Sebagaimana slogan komunitas pencinta Bladley Manning di situs www.bradleymanning.org, "Exposing War Crimes is not a Crime!", Mengungkap kejahatan perang bukanlah suatu kejahatan. Sangat berbeda dengan Julian Paul Assange, Pendiri dan juru bicara wikileaks, yang lebih dominan dianggap sebagai pahlawan karena telah mengungkapkan suatu kejahatan atau konspirasi buruk pemerintah untuk kemanusiaan.

Demikian profil tokoh anak manusia kali ini yang dikutip dari berbagai sumber!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons