Minggu, 20 Maret 2011

rel='canonical' | Antisipasi Duplikasi Konten di Search Engine

Tentang copy paste, bagi saya bukanlah suatu masalah. Jika sebagian sobat lain masih parno dengan duplikasi terhadap konten-konten blognya, bagi saya itu sah-sah saja. Karena saya juga punya beberapa blog dummy untuk mendongkrak popularitas blog lainnya. Tapi, jika duplikasi atau copy paste ini berimbas kepada duplikasi index di search engine, maka kita semua pasti akan gusar. Karena kerja keras kita tidak membuahkan hasil. Apalagi blog baru seperti Iskaruji dot com ini yang notabene tanpa ranking ataupun backlink yang banyak, pasti akan dilibas habis jika di copas oleh blog highrank.

Duplikasi Konten atau Copy Paste
Mungkin sebagian masih keliru dalam memaknai duplikasi konten atau copy paste. Secara istilah memang berbeda dengan mengutip, menyadur atau menterjemahkan. Copy paste [sesuai dengan istilahnya] adalah tindakan meng-copy secara mentah-mentah tanpa memilah-milih kalimat atau paragraf yang ingin dikutip. Tindakan yang dilakukan adalah hanyalah Select > Copy > Paste > Publish. Tindakan copy paste biasanya tidak membuat orang gusar selama konten yang di duplikat memberikan kredit atau backlink ke sumber sebenarnya. Tapi, jika terjadi seperti pada screen shoot dibawah ini,

duplikasi konten
duplikasi konten 2
yang setelah saya cek tanpa backlink atau kredit sama sekali, pasti temen-temen juga akan merasa gusar. Yang jadi pertanyaan, kenapa bisa terjadi duplikasi juga di search engine?

Mengantisipasi Duplikasi Konten di SERPs Dengan re="'canonical'
Salah satu nilai tambah ngeblog di blogspot adalah otomatis rel='canonical'. Secara otomatis setiap konten post di blogspot akan berekstensi rel='canonical'. Jadi tidak perlu lagi baca tutorial SEO "Cara menambahkan rel='canonical' pada blog" dengan cara menambah kode:
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
selama kita ngeblog di blogspot. Lalu apa yang membuat Blog Iskaruji dot com bisa terduplikasi kontennya di search engine? Semua karena kecerobohan saya. Ternyata saat saya mengedit meta tag pada head, secara tidak sengaja menghapus kode:
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Jadi, bagi sobat-sobat blogger lainnya, pastikan kode default ini tetap berada di head template kita. Karena kode tersebut adalah default untuk Antisipasi Duplikasi Konten di Search Engine.Bagi yang sudah kehapus silahkan dipulihkan kembali atau lakukan secara manual seperti tutorial kebanyakan.

Demikian moga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons