Minggu, 26 Juni 2011

Beberapa Alasan Yang Membuat Saya Suka Dengan Komentar Anonim

Komentar anonim
Blog Iskaruji dot com ini sengaja saya hilangkan fitur verifikasi kata dan menyediakan ruang untuk berkomentar bagi anonim. Alasan mendasarnya, lagi-lagi karena blog ini memang untuk semua agar lebih memudahkan saat mereka ingin memberikan komentar seputar artikel yang dibaca.

Awalnya saya agak ragu dengan setting demikian. Karena mungkin nantinya akan kerepotan oleh komentar spam yang mungkin menggangu. Tapi tidak lagi setelah blogspot membuat fitur deteksi spam otomatis. Walaupun terkadang ada beberapa komentar yang menurut saya bukan spam tapi dianggap spam oleh blogspot.

Selain itu juga, saya pada dasarnya memang suka dengan komentar anonim. Para pengunjung anonim biasanya kebanyakan datang dari search engine. Apa yang mereka komentari adalah hal yang bisa mereka tangkap dari apa yang dia baca dan dia rasakan dari artikel yang kita tulis. Lihat saja komentar-komentar anonim berikut;
gmn sich cape caranya pdahal lngsung aja ke lagu yg mau di download okeeee kan gitu gg cpe cihuyyy abiz melon
ggggg melon g benr harusnya ke lagu yg akan di download tapi gokil ko
Keingintahuan yang dibaluti oleh keluguan mereka sedikit banyaknya membuat saya terhibur. Apa mereka kira Iskaruji dot com itu adalah situs melon.co.id?

Banyak juga komentar yang terkesan "cadas" pada beberapa artikel. Lihat saja beberapa komentar di isi sms fitnah sby ataupun berita walikota bogor dengan istri mudanya. Memang ada komentar yang terpaksa saya hapus walaupun tidak dianggap spam oleh blogspot karena sudah mengeluarkan kata-kata kasar yang bukan diperuntukkan untuk manusia. Kasian para binatang ataupun makhluk halus lainnya dikambing-hitamkan oleh komentator hanya gara-gara artikel yang saya tulis.

Intinya, jarang sekali saya temukan komentar anonim yang keluar dari artikel yang dikomentari. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka memang membaca artikel yang saya tulis sampai habis dan mengerti maksudnya. Niatnyapun tulus ingin berkomentar. Karena memang tidak akan ada feedback yang mereka dapatkan kecuali dari para komentator lainnya. Sangat berbeda dengan kebiasaan kita [baca: sebagian pemilik identitas blogger] berkomentar. Mungkin komentar kita sudah ditumpangi rasa ingin membalas komentar, backlink, biar dikomen balik ataupun alasan-alasan lainnya yang keluar dari alasan dasar berkomentar itu sendiri.

Akhirnya, apapun jenis dan maksud komentar itu sendiri, selayaknya dijadikan sebagai sebuah apresiasi yang teramat sangat besar terhadap apa yang kita tulis.

Demikianlah, happy blogging!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons