Selasa, 07 Juni 2011

Seputar Copy Paste | Definisi Copas dan Beberapa Kiat Agar Cepat di Copas

Yupz..Begitulah bunyi postingan kali ini. Sobat tidak salah jika membaca judul post seperti itu dan memang begitu maksudnya. Kok mau-maunya di copas?

Berikut adalah definisi copas yang saya copy paste-kan dari salah satu blog sahabat blogger. Sengaja saya tidak mencantumkan link sumber karena saya termasuk tukang copas yang "tolol" menurut difinisi copas berikut;

Copas adalah sebuah cara memposting tulisan yang berasal dari sumber postingan lain. Dalam teknik copas ditinjau dari segi karakter orangnya ada 2 karakter orang yang sering melakukan copas tersebut yakni :

  • Copas orang tolol, dimana orang yang mengcopas langsung mengcopy paste secara keseluruhan artikel yang dicopasnya tanpa memperhatikan hasil copasannya tersebut kemudian dipostkan langsung ke situs atau blog yang bersangkutan.
  • Copas orang pintar, dimana orang yang mengcopas sedikit jeli dalam memperhatikan hasil copasannya untuk kemudian diedit sedemikian rupa biar gak dianggap copas.
Kalau dari segi publikasi ada 2 jenis copas yakni :
  • Publikasi secara Copas langsung bulat-bulat seluruh artikel
  • Publikasi secara Copas sebagian
Kalau dari segi etika Copas ada 2 jenis copas yakni :
  • Copas yang menyertakan link sumber
  • Copas yang tidak menyertakan link sumber
Persis begitu tulisannya, tidak ada yang dirubah kecuali angka menjadi bullet. Nah, berdasarkan definisi copas tersebut, saya lebih menitik-beratkan kepada kalimat-kalimat italic. Copa perhatikan screen-shoot berikut:
seputar copy paste
Ternyata banyak artikelku yang di copy paste oleh situs yang beralamatkan di http://www.google.co.id/. Liat aja, judulnya sama persis dengan link tips jitu anti copas pada blog Iskaruji dot com ini. Modus copy paste-nya adalah dengan;
  • Diedit sedemikian rupa biar gak dikira copas.
  • Mengambil sedikit kata-kata yang ada di artikelku untuk dipublish.
  • Menyertakan link sumber, yaitu link artikel-ku.
Kok aku malah seneng ya artikel tersebut di copas? Malah saya selalu berusaha agar setiap artikelku dicopas duluan dan ditaro paling depan di daftar artikel copas situs sejenis. Aneh, sementara orang lain paling "parno" artikelnya di copas, kok saya malah sebaliknya...Gejala dini kejiwaan kah?

Ya sudahlah, bagi sobat blogger yang kebetulan punya gejala "kejiwaan" seperti saya, mungkin link-link artikel dibawah ini bisa jadi referensi agar artikel sobat cepat di copas situs diatas beserta para sahabat copasnya.
Akhirnya, mari kita hentikan momok copy paste di jaman open source sekarang ini. Dimana semua orang bisa berbagi tanpa pamrih, tanpa mengharapkan puja dan puji. Moga kita sadar, kita tidak akan punya blog tanpa meng-copy paste blog sahabat blogger lain. Walaupun itu hanya sekedar ide yang terlintas. So, tulisanku mungkin suatu saat akan menjadi tulisanmu. Karena aku percaya, setiap artikel yang kamu copas, pasti artikel yang baik dan berguna menurut kamu.

Happy blogging!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons