Sabtu, 11 Juni 2011

Validasi Template Blogspot | Cara Penulisan dan Validasi XHTML Template Blogger

Rasa penasaran terhadap ada atau tidak template blogspot yang lolos validasi xhtml, membawa saya searching di beberapa blog yang menulis tentang hal ini. Banyak blog-blog besar bahkan sampai bertanya langsung ke salah satu blog webmaster, tetap saja template Iskaruji dot com ini mentok pada posisi seperti sekarang ini. Lalu adakah template blogspot yang bisa lulus validasi xhtml? Jawabannya ada. Jika sebelumnya saya sempat berkomentar bahwa tidak ada, tapi sekarang saya sudah punya dua blog yang "menghijaukan" W3 Validator karena telah lulus validasi xhtml.

Inilah kedua blog platform blogspot yang telah lulus validasi xhtml dari W3 Validator.

  1. http://mastotosugiarto.blogspot.com/
  2. http://hendro-prayitno.blogspot.com/
Sementara hanya dua blog tersebut yang setelah saya cek hasilnya "hijau" [lulus validasi]. Silahkan cek di search engine dengan kata kunci, "W3 Validator, validasi template blogspot atau validasi xhtml". Cek saja pada halaman pertama google, disitu akan ada blog-blog yang membahas tentang validasi template blogspot. Tentunya selain dari blog Iskaruji dot com ini.

Dari kedua blog diatas saya lebih merekomendasikan cara penulisan template-nya seperti yang dilakukan oleh blog mastotosugiarto.blogspot.com. Karena dia menggunakan tipe dokumen yang sama seperti template blogspot rata-rata. Yaitu;
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html lang='en' xml:lang='en' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
Untuk itu, sebelum usaha untuk validasi template blogspot, silahkan ganti dulu dengan tipe dokumen seperti diatas. Untuk hal detail lainnya, saya hanya bisa merekomendasikan link-link berikut:
  1. http://www.oblo.web.id/2009/11/step-by-step-validasi-blogger.html
  2. http://www.rikyrizkiyana.co.cc/2010/07/memvalidasi-template-blogger.html
  3. http://www.masdoyok.co.cc/2011/04/mengurangi-error-validasi-template.html
Jangan cek hasil validasi xhtml blog-blog tersebut, baca dan praktekkan saja artikelnya. Karena artikel tersebut persis seperti yang aku temui saat ngoprek template blog Iskaruji dot com ini hingga seperti ini.

Untuk pengalaman sendiri, cobalah untuk mencentang semua option yang ada saat mem-validasi template blogger seperti pada screenshoot berikut. Ini sangat membantu kita mengenali apa yang error pada template ataupun cara penulisan kita, baik pada postingan maupun pada sidebar.
Validasi template blogspot
Powered by :
w3 validator

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons