Senin, 27 Juni 2011

Hobby Menulis Adalah Pondasi Utama Untuk Memulai Aktivitas Blogging

Hobby menulis di blog

Postingan kali ini adalah rangkuman dari hasil pembicaraan saya kepada salah seorang tetanga rumah ditempat saya, yang menanyakan bagaimana bikin blog. Sebuah pertanyaan singkat namun bakal panjang ulasannya saat ingin menjawab pertanyaan tersebut.

Bagi sebagian kita yang telah lebih dulu memulai Aktivitas blogging biasanya sudah lupa mengapa kita masih menekuni Aktivitas blogging hingga saat ini. Karena uangkah? Mungkin iya, tapi itu bukan alasan utama kita masih bertahan. Semua ini dikarenakan karena menulis sudah menjadi hobby bagi kita. Blog hanyalah sebagai sarana untuk menuangkan apa yang ada dipikiran kita ke dalam bentuk tulisan.

Mungkin bagi para sahabat lainnya yang baru mau memulai Aktivitas blogging, suka atau hobby menuangkan segala sesuatu kedalam bentuk tulisan bisa dijadikan landasan utama untuk memulai. Jika kita sejak awal memang tidak ada rasa hobby menulis, sebaiknya jangan memulai Aktivitas blogging kecuali hanya untuk coba-coba.

Kembali lagi kepada kenyataan bahwa blog hanyalah sebagai media, seharusnya akan membuat kita sadar bahwa tidak akan ada artinya sebuah blog tanpa ada isinya. Diibaratkan sebuah gitar, ia hanya akan berbentuk alat musik jika tidak dipetik untuk menghasilkan suara. Suara yang dihasilkan akan membentuk nada jika yang memetik gitar tersebut ada jiwa seninya, dan menjadikan musik dengan media gitar sebagai hobby-nya. Pertanyaan selanjutnya, haruskah kita berhenti bernyanyi dengan gitar karena tidak ada orang menyukainya? Jika itu adalah hobby maka ukuran indah atau tidaknya musik yang kita hasilkan dari gitar tersebut terletak pada diri kita sendiri, bukan kepada ekspresi suka atau tidak sukanya orang selain kita. Pun jika banyak orang lain yang menyukai "karya seni" kita tersebut, itu hanyalah efek dari sukanya kita terhadap apa yang telah kita hasilkan. Begitu juga dengan hobby menulis media blog. Jika blog kita tidak disukai yang akhirnya membuat kita berhenti ngeblog, sudah dipastikan pondasi utamanya bukan hobby menulis.

Entah kenapa, tetangga saya yang menanyakan tentang cara memulai Aktivitas blogging ini akhirnya tertegun. Dan beberapa saat setelah itu ia bertanya kembali, "lalu gimana dapet duitnya?" Pertanyaan yang sudah bisa saya tebak sejak awal adanya maksud bertanya tentang memulai Aktivitas blogging ini. Saya balik bertanya, "Mengapa Iwan False bisa dapet duit?" [kebetulan itu adalah penyanyi favorit dia. gak ada lagu lain yang di nyanyiin kecuali lagu Iwan..hehe]

Tidak ada jawaban, tidak ada pembahasan. hanya sebuah kesimpulan, "Tidak ada hal yang tidak mungkin jika itu dilakukan dengan hobby". Terlalu banyak kemungkinan lainnya yang bisa terjadi sat melakukan Aktivitas blogging jika itu dilandasi dengan hobby. Dan hobby menulis adalah landasan utama untuk memulai Aktivitas blogging.

Happy blogging!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons