Kamis, 30 Juni 2011

Say No to Newbie and Master | Mari Kita Belajar Bersama dan Berbagi

Say No to Newbie or Master | Mari Belajar dan Berbagi
Statement diatas yang sekaligus saya jadikan judul untuk post kali ini sama sekali bukan bentuk doktrin atau campaign. Itu adalah pernyataan pribadi yang keluar dari inti hati atas ketidaksukaan saya terhadap dua kata itu dalam blogsphere.

Personally, saya juga bingung mengapa saya jadi tidak suka kepada kedua kata tersebut. tapi inilah yang terjadi. Bagi saya "newbie dan master" adalah bentuk peng-kasta-an semu tanpa standarisasi sekaligus melanggar hukum alam, "diatas langit ada langit dan dibawah bumi ada banyak lagi".

Seandainya kita sadar bahwa sekarang kita sedang hidup dalam jaman yang serba cepat apalagi yang ada hubungannya dengan teknologi, sudah seharusnya kita tidak meng-atribut-kan sesuatu berdasarkan istilah. Kita mungkin sangat pintar "hari ini" tapi teknologi, dipercaya atau tidak pasti akan berubah "sore nanti". Lalu dimana letak atribut-nya?

Tidak ada seorang "master" dalam teknologi jika ia tidak "membaginya" sambil terus belajar untuk mengimbangi kemajuan dan perubahannya. Juga tidak ada seorang "newbie" jika ia ingin terus belajar dan mencari tahu apa yang belum ia tahu.

Sederet kalimat saya yang mungkin agak "cadas" di baca;
"Newbie" itu sama artinya dengan "bodoh" karena ia memberi atribut atau pengakuan kepada dirinya sendiri hanya karena terlambat tahu.
"Master" itu tidak lebih nilainya dari "bodoh" karena pengakuan itu didapat dari orang-orang yang merasa "bodoh" alias "newbie".
Sebuah contoh nyata untuk menghilangkan kedua kata "newbie dan master" yang "menjijikkan" ini. Jika sobat mengetikkan keyword "w3 validator" dan sebagian besar tulisan validasi xhtml pada blogspot dikuasai oleh blog Iskaruji dot com ini, bukan berarti saya sangat memahami hal tersebut. Justru saya tahu tidak lebih dulu dari sobat Tips Wisata Murah. Itu artinya belum satu bulan sekian hari saya memahami hal tersebut. Tapi saya terus belajar dan Sobat Tips Wisata Murah tidak merasa lelah untuk mengajarkan. Lihat sederet komentar beliau ditengah ketidak pahaman saya tentang manfaat validasi xhtml ini. Selama proses pembelajaran itu, tidak ada sama sekali atribut master ataupun newbie. Dan sekarang lihat hasilnya, sayapun bisa membagi apa yang saya dapat dari pengalaman belajar dari Tips Wisata Murah.

Sahabat, mari kita hilangkan istilah "newbie dan master" dari blogsphere ini. Jangan buang waktu kita hanya dengan menumpuk istilah tanpa belajar dan berbagi. Karena memang inilah tujuan kita melakukan aktifitas blogging ini.

Akhirnya, Say No to Newbie or Master! Dan Marilah kita Belajar dan Berbagi apa yang kita bisa.

Happy blogging!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons